Pilot Pesawat Tempur AS Bakal Latihan ‘Dog Fight’ Secara Virtual

 

Satu startup bikinan bekas pilot pesawat tempur (fighter) as namanya serta robinson tengah meningkatkan tehnologi augmented reality (ar) untuk latihan tempur dengan pesawat lain (dog fight).

Tehnologi ini menurut robinson dapat meminimalisir ongkos serta efek latihan dibandingkan latihan yang konservatif. Menurut dia. Satu f-22 raptor memerlukan ongkos sekitar usd 40 ribu untuk tiap jam terbangnya.

Ditambah. Dari 2013 sampai 2017 ada lebih dari 130 korban jiwa karena latihan seperti ini. Termasuk juga yang berasal dari pesawat yang bersinggungan di antara satu serta yang lain.

“kita hadapi musuh yang. Anda ketahui. Bertambah superior dan tehnologi yang seminimalnya sama dengan punya kita. Bila kita tidak takut. Karena itu kita semestinya takut.” tutur robinson.

Robinson sendiri ialah alumnus dari uk fighter weapons school. Atau sama dengan program teratas gun punya us navy. Dia akui mendapatkan inspirasi dari game balapan virtual reality untuk bikin startupnya itu. Yang namanya red 6.

Awalannya dia memang punyai inspirasi untuk bikin training berbasiskan virtual reality (vr). Tetapi selanjutnya. Menurut dia ar bertambah logis untuk training. Jadi menurut dia tehnologi ar ini dapat membuat pilot masih mengawasi keadaan sekelilingnya.

Serta robinson juga ajukan diri untuk mengetes simulator berbasiskan ar-itu. Dimana dia lihat pesawat lawan. Satu su-57. Pesawat stealth punya rusia yang bermanuver seperti dog fight asli. Demikian diambil detikinet dari cbs news. Kamis (1/10/2020).

Hal seperti ini pasti susah direalisasikan di dunia riil. Dimana as dapat latihan tempur bersama-sama rusia. Ditambah efek kecelakaan yang dapat di hilangkan benar-benar.

“kita sudah mengetahui dengan mimpi serta ide itu. Tetapi kita tetap dikasih tahu jika (mimpi) itu baru dapat terjadi sekian tahun ke depan. Serta pada akhirnya kita mengetahui jika mimpi itu telah terjadi saat ini.” tutur kolonel ‘laz’ gordon. Wakil komandan di us air force 412th tes wing.

Gordon juga mengetahui efek serta beberapa kendala yang perlu ditemui untuk lakukan latihan dog fight dengan cara langsung. Termasuk juga efek korban jiwa bila berlangsung kecelakaan.

“bila kita tidak bereksperimen. Kita akan kalah.” tutur gordon. Yang bila semua berjalan sesuai dengan gagasan. Dia serta teamnya mulai akan training memakai skema ar punya red 6 mulai awal 2021 di kokpit pesawat latih tempur t-38.

Red 6 sendiri belakangan ini mendapatkan suntikan dana dari lockheed martin ventures. Anak perusahaan dari lockheed martin corporation. Salah satunya perusahaan pembikin pesawat tempur asal as. Dana itu akan digunakan untuk mengakselerasi peningkatan serta komersilisasi airborne tactical augmented reality sistem (atars) bikinan red 6.